Salah satu landasan pekerjaan perawatan mobil do-it-yourself adalah penggantian oli rumah. Ini adalah proses sederhana yang membutuhkan beberapa alat, dan ini adalah cara yang pasti untuk menghemat uang sambil menghindari kerumitan duduk di ruang tunggu yang membosankan di suatu tempat membaca majalah yang sudah ketinggalan zaman.
Lebih dari segalanya, penggantian oli dasar adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan kendaraan Anda dan mengendalikan perawatannya. Waktu yang Anda habiskan di bawah kap dan di bawah mobil memberi Anda kesempatan yang sangat baik untuk melihat-lihat dan melihat apakah ada hal lain yang perlu diperhatikan.
Lebih dari segalanya, penggantian oli dasar adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan kendaraan Anda dan mengendalikan perawatannya. Waktu yang Anda habiskan di bawah kap dan di bawah mobil memberi Anda kesempatan yang sangat baik untuk melihat-lihat dan melihat apakah ada hal lain yang perlu diperhatikan.
Alat yang Dibutuhkan:
Langkah-langkah untuk mengganti oli Anda
Jumlahnya mudah. Di sini, Ford Explorer 2012 kami membutuhkan 5,7 liter, jadi saya akan membeli enam. Kendi lima liter menggoda karena harganya lebih murah daripada ukuran yang lebih kecil, tetapi saya menemukan mereka berat dan sulit untuk dituangkan dengan mantap. Dan wadah besar sisa minyak akan memakan banyak ruang rak.
Pastikan untuk mencocokkan viskositas oli dengan mesin Anda. Ford EcoBoost 2.0 liter membutuhkan minyak 5W-30. Namun, jika saya membaca manual dengan ceroboh, saya bisa dengan mudah membawa pulang 5W-20 sebagai gantinya. Itulah oli yang ditentukan untuk mesin V6 3.5 liter.
Periksa untuk melihat apakah manual memanggil persyaratan minyak spesifik lainnya seperti yang didefinisikan oleh American Petroleum Institute (API) dan Komite Persetujuan Standardisasi Pelumas Internasional (ILSAC.) Kadang-kadang minyak sintetis secara khusus diminta. Terkadang itu tidak perlu. Dan terkadang penggunaannya tersirat oleh persyaratan tambahan.
Ya, corong saya adalah botol air kering yang kosong dengan ujung terpotong. Juga, panci pembuangan saya memiliki tutup sekrup dan tuangkan cerat, yang membuatnya lebih mudah untuk mengangkut dan mendaur ulang oli lama. Satu-satunya "alat," tidak ditampilkan di sini, adalah T-shirt dan jins kotor.
Anda dapat membeli filter di dealer atau di toko onderdil mobil. Pastikan Anda bertanya apakah Anda membutuhkan washer plug drain baru. Beberapa dealer secara otomatis menyertakan mesin cuci baru, jika Anda membutuhkannya. Lainnya mengenakan biaya tambahan untuk itu. Dalam hal ini, saya tidak perlu mesin cuci baru, seperti yang akan Anda lihat nanti.
Saya suka semacam kunci pas filter yang menggunakan gerigi di ujung filter oli. Kunci pas seperti itu tersedia di sebagian besar toko onderdil mobil dengan harga beberapa dolar dan pas dengan ujung ratchet drive tiga per delapan umum. Ada banyak ukuran, tetapi mudah untuk memastikan Anda membeli yang tepat jika Anda cocok dengan kunci pas ke filter di sana di toko.
Kunci pas tipe band lebih akrab, tetapi bisa membuat frustasi untuk digunakan jika Anda tidak memiliki cukup ruang - terutama jika filter lama terlalu diperketat.
Jika Anda perlu menaikkan mobil untuk akses yang lebih baik, ini saat yang tepat untuk melakukannya. Pastikan Anda memasang dudukan pengaman yang tepat, tentu saja. Seringkali Anda tidak perlu melepas ban, tetapi saya tetap melakukannya agar fotografer kami, Elon Schoenholz, dapat memiliki pandangan yang jelas tentang berbagai hal.
Jika perlu, lepas penyamaran. Beberapa mobil baru memiliki penutup aerodinamis ini untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dan menjaga kebersihan. Sayangnya, penutup dapat menyembunyikan sumbat oli mesin dan filter oli. Beberapa penutup memiliki lubang akses built-in dan biasanya diberi label. Terkadang Anda harus menghapus penyamaran sepenuhnya. Kabar baiknya bagi kita DIYers adalah kebanyakan mobil tidak memilikinya. Penjelajah melakukannya, tetapi tetap di tempatnya dengan empat klip pelepasan pelintir yang tidak memerlukan alat untuk dilepaskan.
Dalam hal ini, steker dan filter terpisah jauh, artinya saya harus memposisikan ulang panci pengurasan setelah saya mengeringkan oli dan sebelum saya menghapus filter. Untuk alasan ini, saya akan benar-benar selesai menguras dan memasang kembali mesin sebelum saya bekerja pada filter. Jika elemen-elemen ini lebih dekat (atau jika wajan saya lebih besar) saya bisa mulai menghapus filter sementara oli terakhir masih mengalir keluar.
Jika mobil Anda adalah salah satu dari semakin banyak mobil baru dengan filter cartridge yang dipasang di atas, langkah-langkah pembuangan dan pengisian oli berikut adalah sama, tetapi proses penggantian filter tidak. Saya akan membahas proses untuk mengganti filter cartridge top-mount di bagian lain.
Lepaskan tutup pengisi minyak. Anda memegang ibu jari Anda di atas sedotan yang diisi dengan air agar tidak kehabisan, bukan? Ini tidak persis sama di sini, karena minyak masih akan mengalir dengan tutup pengisi minyak pada, tetapi tampaknya mengalir lebih lancar dan cepat dengan tutup dilepas. Jika tidak ada yang lain, melepas topi sekarang berfungsi sebagai pengingat untuk memasukkan oli baru sebelum Anda menghidupkan mesin.
Saatnya mengenakan sarung tangan. Saat Anda melepas colokan tiriskan minyak, semuanya mulai menjadi berantakan.
Anda biasanya dapat melepas plug drain dengan kunci pas ujung umum dan sedikit otot. Ujung hex pada sumbat saluran tipikal hampir selalu merupakan ukuran umum yang datang dalam bermacam-macam alat standar, tetapi bahkan pembuat mobil domestik cenderung menggunakan metrik dalam kisaran 14-17mm. Drive ratchet tiga-delapan-inci baik-baik saja, tentu saja, selama Anda mengingatkan diri sendiri untuk tidak menggunakan daya ungkit ekstra untuk mengencangkan plug drain saat Anda memasangnya kembali nanti.
Lakukan perlahan-lahan saat Anda melepaskan sumbat pembuangan dan jauhkan tangan Anda dari jalur oli yang diharapkan. Ini akan keluar dengan cepat dan hangat. Jika Anda salah perhitungan, itu bisa menggiring bola ke lengan Anda. Ini adalah alasan lain mengapa lebih baik tidak mengganti oli saat mesin dan oli-nya panas.
Aku nyaris bersih, tetapi tidak cukup. Di sisi lain, saya biasanya meraba-raba colokan pembuangan ke dalam panci ketika minyak keluar. Tidak kali ini.
Kencangkan plug drain. Secara teoritis, ada spesifikasi torsi untuk colokan tiriskan, tetapi mereka hampir tidak pernah dipublikasikan dalam manual pemilik. Bahkan jika Anda menemukan speknya, kemungkinan torsi kunci pas setengah inci yang Anda beli untuk mengencangkan mur roda akan cukup rendah untuk pekerjaan ini.
Colokan pembuangan benar-benar dikencangkan jika Anda menggunakan ujung kotak dari kunci pas kombinasi dan kencangkan sebanyak yang Anda bisa tanpa menggunakan palu atau menyelipkan pipa di atas kunci inggris untuk leverage ekstra. Ratchet drive tiga-delapan-inci standar panjang akan berfungsi jika Anda sedikit tersendat, tetapi sesuatu yang lebih panjang atau lebih besar dapat membawa Anda ke jalur pengetatan yang berlebihan. Anda ingin bautnya kencang, tetapi Anda tidak ingin melepasnya.
Di sini saya telah menambahkan ekstensi ke ratchet saya untuk mendapatkan ruang buku jari ekstra. Tapi saya tidak akan menggunakan kunci pas jauh melampaui titik melanggar filter gratis. Filter melonggarkan terburu-buru, di mana titik minyak mulai menyembur di sekeliling. Pergi perlahan dan beralih ke membuka tutup filter dengan tangan sesegera mungkin.
Tidak seperti drain plug removal, tidak ada cara untuk menghindari kekacauan pada tahap ini. Pastikan Anda memposisikan ulang saluran pembuangan sebelum Anda mulai. Siapkan kain lap dan siapkan minyak di lengan Anda. Jangan lepaskan filter begitu mulai lepas.
Pegang filter di atas wajan untuk mengalirkannya, tetapi cobalah untuk tidak menjatuhkannya. Itu membuat percikan yang sangat berantakan.
Gunakan lap untuk membersihkan sebanyak mungkin minyak, dengan memberikan perhatian khusus pada permukaan perapat filter.
- Kunci pas untuk melepas sumbat saluran (ujung kotak atau soket)
- Kunci filter oli
- Panci tiriskan minyak
- Corong
- Sarungtangan karet
- Dudukan dan jalur jack dan jack (opsional, tergantung pada ground clearance)
- Minyak
- Saringan minyak
- Penggantian washer plug drain (tergantung aplikasi)
Langkah-langkah untuk mengganti oli Anda
- Periksa jenis dan jumlah minyak yang dibutuhkan
- Kumpulkan filter, kunci pas, dan persediaan lainnya
- Persiapkan kendaraan Anda
- Temukan filter oli dan colokan tiriskan
- Kuras minyaknya
- Kencangkan plug drain
- Ubah filter oli
- Tambahkan minyak baru
- Periksa level oli
Periksa jenis dan jumlah minyak yang dibutuhkan
Sebelum menuju ke toko onderdil mobil untuk membeli persediaan, bacalah manual pemilik untuk mengonfirmasi jenis dan jumlah minyak yang diperlukan.Jumlahnya mudah. Di sini, Ford Explorer 2012 kami membutuhkan 5,7 liter, jadi saya akan membeli enam. Kendi lima liter menggoda karena harganya lebih murah daripada ukuran yang lebih kecil, tetapi saya menemukan mereka berat dan sulit untuk dituangkan dengan mantap. Dan wadah besar sisa minyak akan memakan banyak ruang rak.
Pastikan untuk mencocokkan viskositas oli dengan mesin Anda. Ford EcoBoost 2.0 liter membutuhkan minyak 5W-30. Namun, jika saya membaca manual dengan ceroboh, saya bisa dengan mudah membawa pulang 5W-20 sebagai gantinya. Itulah oli yang ditentukan untuk mesin V6 3.5 liter.
Periksa untuk melihat apakah manual memanggil persyaratan minyak spesifik lainnya seperti yang didefinisikan oleh American Petroleum Institute (API) dan Komite Persetujuan Standardisasi Pelumas Internasional (ILSAC.) Kadang-kadang minyak sintetis secara khusus diminta. Terkadang itu tidak perlu. Dan terkadang penggunaannya tersirat oleh persyaratan tambahan.
Kumpulkan filter, kunci pas, dan persediaan lainnya
Selain oli, Anda akan memerlukan filter oli, kunci pas pelepas oli, kunci pas untuk melepas sumbat saluran, corong, wajan penguras dan beberapa sarung tangan. Anda juga mungkin perlu menaikkan mobil untuk mendapatkan akses, dalam hal ini Anda akan memerlukan jack lantai dan dudukan pengaman, atau sepasang landai baja yang dibuat khusus. Untuk pekerjaan seperti ini, jangan pernah gunakan jack tipis yang disertakan dengan mobil.Ya, corong saya adalah botol air kering yang kosong dengan ujung terpotong. Juga, panci pembuangan saya memiliki tutup sekrup dan tuangkan cerat, yang membuatnya lebih mudah untuk mengangkut dan mendaur ulang oli lama. Satu-satunya "alat," tidak ditampilkan di sini, adalah T-shirt dan jins kotor.
Anda dapat membeli filter di dealer atau di toko onderdil mobil. Pastikan Anda bertanya apakah Anda membutuhkan washer plug drain baru. Beberapa dealer secara otomatis menyertakan mesin cuci baru, jika Anda membutuhkannya. Lainnya mengenakan biaya tambahan untuk itu. Dalam hal ini, saya tidak perlu mesin cuci baru, seperti yang akan Anda lihat nanti.
Saya suka semacam kunci pas filter yang menggunakan gerigi di ujung filter oli. Kunci pas seperti itu tersedia di sebagian besar toko onderdil mobil dengan harga beberapa dolar dan pas dengan ujung ratchet drive tiga per delapan umum. Ada banyak ukuran, tetapi mudah untuk memastikan Anda membeli yang tepat jika Anda cocok dengan kunci pas ke filter di sana di toko.
Kunci pas tipe band lebih akrab, tetapi bisa membuat frustasi untuk digunakan jika Anda tidak memiliki cukup ruang - terutama jika filter lama terlalu diperketat.
Persiapkan kendaraan Anda
Mesin dan oli Anda harus hangat saat Anda memulai, tetapi tidak panas. Biarkan mobil duduk sehingga sistem pembuangan menjadi dingin, tetapi jangan biarkan keadaan menjadi dingin.Jika Anda perlu menaikkan mobil untuk akses yang lebih baik, ini saat yang tepat untuk melakukannya. Pastikan Anda memasang dudukan pengaman yang tepat, tentu saja. Seringkali Anda tidak perlu melepas ban, tetapi saya tetap melakukannya agar fotografer kami, Elon Schoenholz, dapat memiliki pandangan yang jelas tentang berbagai hal.
Jika perlu, lepas penyamaran. Beberapa mobil baru memiliki penutup aerodinamis ini untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dan menjaga kebersihan. Sayangnya, penutup dapat menyembunyikan sumbat oli mesin dan filter oli. Beberapa penutup memiliki lubang akses built-in dan biasanya diberi label. Terkadang Anda harus menghapus penyamaran sepenuhnya. Kabar baiknya bagi kita DIYers adalah kebanyakan mobil tidak memilikinya. Penjelajah melakukannya, tetapi tetap di tempatnya dengan empat klip pelepasan pelintir yang tidak memerlukan alat untuk dilepaskan.
Temukan filter oli dan colokan tiriskan
Sekarang saatnya mencari filter oli dan colokan tiriskan. Sebagian besar mobil memiliki filter sekrup pemasangan di bawah, seperti yang ditunjukkan di sini.Dalam hal ini, steker dan filter terpisah jauh, artinya saya harus memposisikan ulang panci pengurasan setelah saya mengeringkan oli dan sebelum saya menghapus filter. Untuk alasan ini, saya akan benar-benar selesai menguras dan memasang kembali mesin sebelum saya bekerja pada filter. Jika elemen-elemen ini lebih dekat (atau jika wajan saya lebih besar) saya bisa mulai menghapus filter sementara oli terakhir masih mengalir keluar.
Jika mobil Anda adalah salah satu dari semakin banyak mobil baru dengan filter cartridge yang dipasang di atas, langkah-langkah pembuangan dan pengisian oli berikut adalah sama, tetapi proses penggantian filter tidak. Saya akan membahas proses untuk mengganti filter cartridge top-mount di bagian lain.
Kuras minyaknya
Dengan persiapan awal, saatnya untuk mengeluarkan oli dari mesin. Sangat penting untuk menempatkan panci pembuangan di bawah sumbat saluran - tetapi tidak langsung di bawahnya. Sudut sumbat pengurasan akan menyebabkan oli mengalir keluar pada sudut tertentu, jadi saya mengimbangi wajan ke sisi itu beberapa inci. Jika saya melakukan ini di luar ruangan, saya juga akan menjelaskan angin. Tidak benar-benar. Pita minyak tipis yang terakhir itu bisa meledak dan membuat berantakan.Lepaskan tutup pengisi minyak. Anda memegang ibu jari Anda di atas sedotan yang diisi dengan air agar tidak kehabisan, bukan? Ini tidak persis sama di sini, karena minyak masih akan mengalir dengan tutup pengisi minyak pada, tetapi tampaknya mengalir lebih lancar dan cepat dengan tutup dilepas. Jika tidak ada yang lain, melepas topi sekarang berfungsi sebagai pengingat untuk memasukkan oli baru sebelum Anda menghidupkan mesin.
Saatnya mengenakan sarung tangan. Saat Anda melepas colokan tiriskan minyak, semuanya mulai menjadi berantakan.
Anda biasanya dapat melepas plug drain dengan kunci pas ujung umum dan sedikit otot. Ujung hex pada sumbat saluran tipikal hampir selalu merupakan ukuran umum yang datang dalam bermacam-macam alat standar, tetapi bahkan pembuat mobil domestik cenderung menggunakan metrik dalam kisaran 14-17mm. Drive ratchet tiga-delapan-inci baik-baik saja, tentu saja, selama Anda mengingatkan diri sendiri untuk tidak menggunakan daya ungkit ekstra untuk mengencangkan plug drain saat Anda memasangnya kembali nanti.
Lakukan perlahan-lahan saat Anda melepaskan sumbat pembuangan dan jauhkan tangan Anda dari jalur oli yang diharapkan. Ini akan keluar dengan cepat dan hangat. Jika Anda salah perhitungan, itu bisa menggiring bola ke lengan Anda. Ini adalah alasan lain mengapa lebih baik tidak mengganti oli saat mesin dan oli-nya panas.
Aku nyaris bersih, tetapi tidak cukup. Di sisi lain, saya biasanya meraba-raba colokan pembuangan ke dalam panci ketika minyak keluar. Tidak kali ini.
Kencangkan plug drain
Periksa dan bersihkan colokan tiriskan minyak sementara sisa oli terkuras. Di sinilah mesin cuci colokan pembuangan baru akan pergi jika diperlukan. Tapi seperti yang Anda lihat, ini menggunakan O-ring permanen. Jika colokan pembuangan Anda benar-benar membutuhkan mesin cuci pengganti, pastikan yang lama tidak menempel pada panci oli mesin - Anda tidak ingin secara tidak sengaja menumpuk mesin cuci baru di atas yang lama.Kencangkan plug drain. Secara teoritis, ada spesifikasi torsi untuk colokan tiriskan, tetapi mereka hampir tidak pernah dipublikasikan dalam manual pemilik. Bahkan jika Anda menemukan speknya, kemungkinan torsi kunci pas setengah inci yang Anda beli untuk mengencangkan mur roda akan cukup rendah untuk pekerjaan ini.
Colokan pembuangan benar-benar dikencangkan jika Anda menggunakan ujung kotak dari kunci pas kombinasi dan kencangkan sebanyak yang Anda bisa tanpa menggunakan palu atau menyelipkan pipa di atas kunci inggris untuk leverage ekstra. Ratchet drive tiga-delapan-inci standar panjang akan berfungsi jika Anda sedikit tersendat, tetapi sesuatu yang lebih panjang atau lebih besar dapat membawa Anda ke jalur pengetatan yang berlebihan. Anda ingin bautnya kencang, tetapi Anda tidak ingin melepasnya.
Ubah filter oli
Hapus filter oli. Filter baru yang dipasang dengan benar tidak terlalu kencang. Tetapi mereka bisa sulit untuk turun nanti karena gasket penyegelan mereka membengkak seiring waktu.Di sini saya telah menambahkan ekstensi ke ratchet saya untuk mendapatkan ruang buku jari ekstra. Tapi saya tidak akan menggunakan kunci pas jauh melampaui titik melanggar filter gratis. Filter melonggarkan terburu-buru, di mana titik minyak mulai menyembur di sekeliling. Pergi perlahan dan beralih ke membuka tutup filter dengan tangan sesegera mungkin.
Tidak seperti drain plug removal, tidak ada cara untuk menghindari kekacauan pada tahap ini. Pastikan Anda memposisikan ulang saluran pembuangan sebelum Anda mulai. Siapkan kain lap dan siapkan minyak di lengan Anda. Jangan lepaskan filter begitu mulai lepas.
Pegang filter di atas wajan untuk mengalirkannya, tetapi cobalah untuk tidak menjatuhkannya. Itu membuat percikan yang sangat berantakan.
Gunakan lap untuk membersihkan sebanyak mungkin minyak, dengan memberikan perhatian khusus pada permukaan perapat filter.
Comments
Post a Comment