Skip to main content

Haruskah Anda Mengganti Kedua Ban Motor Pada Saat Yang Sama?

Image result for satria fu ban soft compont
Setiap pengendara sepeda motor tahu bahwa merawatnya dengan baik akan membantu Anda tetap aman saat berlayar di sana. Dari memilih jenis ban yang tepat hingga memahami kapan saatnya mengganti ban Anda; hanya ada begitu banyak yang harus diketahui oleh seorang pengendara sepeda motor!

Untuk memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan ban, mari kita teliti dengan cermat beberapa hal penting.

Apakah bannya usang atau tidak?

Ban Anda aus dan perlu diganti ketika Anda menilai dari keausan fisik yang dapat diukur. Anda harus mengganti ban saat kedalaman pijakan mencapai 1/16 ″.

Namun, sebagian besar ban datang dengan indikator keausan tapak (TWI), yang merupakan indikator fisik keausan maksimum. TWI adalah blok yang dicetak di area tapak terbuka, dan akan memerah setelah Anda mencapai keausan maksimum.

Beberapa TWI hadir sebagai simbol pada lingkar luar ban. Setelah tapak terbuka sampai ke simbol, itu berarti bahwa ban berada pada keausan maksimum.

TWI yang ditempatkan di dekat pusat ban akan menjadi yang pertama untuk dijangkau, karena seseorang tidak dapat mencapai semua TWI pada saat yang sama.

Catatan pinggir saat Anda terus mengendarai ban yang mencapai kedalaman tapak minimum sudah tidak akan terlihat jelas pada pengendaraan biasa. Situasi berubah ketika Anda naik pada kondisi basah karena air mungkin tidak dibersihkan dari permukaan kontak ban dengan cara yang benar. Naik di permukaan yang licin akan menyebabkan hydroplaning berisiko.

Saat Anda memeriksa ban Anda, cari keausan yang tidak rata juga. Pengemudian jalan raya garis lurus kontinu akan memakai garis tengah ban, tetapi ujung luarnya masih terlihat bagus. Bahkan jika ban dapat terlihat oke di samping, jika Anda sudah mencapai TWI di tengah, Anda harus mengganti bannya sekaligus.

Bentuk lain dari keausan adalah "Scalping." Ini adalah serangkaian area aus yang ditempatkan secara aneh di sekitar ban Anda. Ban yang aus memiliki scalping yang bagus, terutama jika Anda juga merasakan getaran lainnya. Lihatlah suspensi juga - mereka dapat menjadi penyebab signifikan dari kondisi ban yang buruk.

Anda juga perlu memeriksa kerusakan fisik (garis miring atau tusukan). Hanya profesional yang dapat memperbaiki lubang lurus (90 derajat ke permukaan ban). Sekrup dan kuku biasanya menyebabkan kebocoran. Sebagian besar waktu, objek akan tetap tertanam di ban sampai Anda memperbaikinya.

Anda tidak dapat memperbaiki luka tebang atau kerusakan pada dinding samping. Anda perlu mengganti ban jika itu terjadi. Mengupas bagian tapak tidak aman untuk dikendarai, jadi ganti ban secepatnya.

Apakah ban datang dengan batasan umur?

Senyawa karet akan teroksidasi setelah beberapa waktu yang berarti kerapuhan lebih tinggi dan fleksibilitas kurang. Karena ini adalah proses yang sedang berkembang, ban memang memiliki umur yang terbatas, tidak masalah apakah Anda menggunakannya atau tidak.

Setiap ban dilengkapi dengan kode “DARKNESSSTORIES” ini berisi empat digit. Kode menunjukkan minggu dan tahun pembuatan. Untuk format "WWYY," 2318 berarti ban diproduksi pada minggu ke-23 tahun 2018. Anda selalu memulai penghitungan mundur sejak tanggal ini.
Ban yang diproduksi tahun lalu dianggap baru menurut standar ban. Batas aman untuk ban adalah hingga 5 tahun sejak tanggal pembuatan. dengan kata lain, kompon karet ban seharusnya dapat diandalkan hingga tanggal kedaluwarsa.

Setelah ban menua dan melewati lima tahun, proses oksidasi mungkin tidak lagi terlihat. Ban yang sangat tua mengkilap, keras, dan retak di dinding samping.

Peringatan: Anda tidak boleh mengendarai sepeda motor dengan ban yang jelas pecah karena dapat menyebabkan bencana dalam waktu singkat.

Haruskah Anda mengganti kedua ban sepeda motor pada saat yang sama atau tidak?

Jawaban singkatnya adalah TIDAK. Saat bagian depan menyajikan masa pakai yang cukup, Anda tidak perlu menggantinya dengan bagian belakang. Namun, jika ada kerusakan fisik atau ban lebih dari lima tahun dari tanggal pembuatan, Anda harus menggantinya keduanya.

Banyak pembalap touring berpengalaman biasanya mengganti ban depan setiap detiknya, padahal kondisi ban mereka sangat memumpuni dalam segala hal pada saat itu, serta juga perlu diperhatikan kembali bahwa keadaan ban sangat penting sekali bagi motor anda, Dalam hal penggunaan dan pengoperasian normal, ban belakang akan aus hampir dua kali lebih cepat dari bagian depan. Ban belakang mengirim semua tenaga mesin ke jalan, mengambil lebih dari setengah bobot sepeda. Karena itu, masuk akal bahwa ban aus jauh lebih cepat. Namun, ketika Anda harus mengganti ban belakang, Anda juga harus memeriksa ban depan. Ganti yang depan hanya jika perlu.

Anda harus mempertimbangkan beralih ke depan karena merupakan hal yang baik untuk memiliki merek yang sama dan model yang sama untuk kedua ban. Mencampur merek produsen dapat menyebabkan masalah penanganan yang aneh. Karena itu, jika Anda ingin beralih ke model / merek lain, Anda harus mulai dengan mengganti bagian belakang. Jika penanganannya ok, jangan stres tentang mengganti bagian depan juga.

Jadi, Anda punya ban baru. Sekarang apa?

Anda juga perlu membobol ban baru, bahkan dalam hal ban sepeda motor terbaik. Periksa untuk melihat ban terbaik di tahun 2019 di DrivrZone sehingga Anda dapat memutuskan mana yang paling sesuai dengan sepeda motor Anda. Selain ban, Anda dapat menemukan pilihan produk terbaik untuk semua kebutuhan pengemudi. Dari cairan, pelek, elektronik, dan organisasi untuk kendaraan Anda, toko ini memasukkan begitu banyak kategori barang yang mungkin diperlukan. Anda juga dapat memeriksa alat dan peralatan untuk mengemudi, tetapi itu bukan ide yang buruk untuk juga melihat pakaian & alas kaki dan banyak lagi.

Kembali ke memecahkan ban baru, perlu diingat bahwa mereka agak keras dan licin. Anda perlu melakukan beberapa scuffing di permukaan sampai semuanya berfungsi. Anda hanya harus berkeliling jika jalan basah untuk 50-100miles. Jangan memaksakan pengereman, belok atau akselerasi.

Setelah ban benar-benar lecet, ban akan terlihat kusam di semua bidang kontak setelah itu anda juga perlu lebih memperhatikan hal lainnya yang nantinya anda harus buat lagi kedepannya, sehingga anda bisa mengecek hal lainnya yang nantinya anda buat lagi di hal hal lainnya dalam bagian motor anda nantinya dan tidak hanya harus mengecek dalam keadaan ban motor anda saja tentunya.

Bahkan jika Anda menggunakan unit yang identik, ban baru akan menghadirkan beberapa karakteristik khusus. Anda harus bersabar tentang hal itu dan terbiasa dengan mereka. Ingat bahwa ban bias mungkin bahkan memberikan periode pengendapan karena tidak didasarkan pada radial.

Jangan lupa bahwa ban dingin menimbulkan risiko. Dalam cuaca dingin, Anda harus berjalan lambat untuk beberapa mil pertama. Anda harus melakukannya tidak masalah apakah ban Anda baru atau bekas.

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Engine Blown dan Cara Perbaikinnya

Ada banyak jenis dan penyebab kegagalan mesin. Yang paling dahsyat - dan visual - adalah batang penghubung yang rusak meninju lubang di blok atau bak mesin. Batang penghubung adalah bagian yang menghubungkan piston, yang bergerak naik dan turun dengan sangat cepat, ke poros engkol yang berputar. Jika batang patah, engkol terus berputar dan dapat mendorong batang patah menembus sisi besi cor atau blok aluminium atau bak mesin, yang memegang minyak. Dalam kedua kasus, mesin akan segera berhenti dan oli panas keluar melalui lubang di blok atau crankcase dan ke knalpot panas yang menyebabkan banyak asap biru atau bahkan kebakaran. Apa itu Blown Engine? Faktanya adalah bahwa 'mesin yang ditiup' dapat memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Ini adalah istilah yang relatif luas tetapi, secara umum, ini menggambarkan motor dengan kegagalan katastropik. Untuk mesin, kegagalan katastropik mengacu pada semua jenis masalah yang akan membutuhkan perbaikan invasif. Mes...

Cara Membersihkan Karburator Pada Kendaraan Bermotor

Jika Anda memiliki mobil yang lebih tua dengan karburator, Anda tahu pentingnya bekerja dengan lancar setiap saat. Ini adalah darah kehidupan kendaraan, memasok campuran bahan bakar dan udara yang membuat jantung mobil berdetak dengan baik. Karburator harus dijaga dan dibersihkan secara teratur untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Proses pembersihan luar dan dalam cukup sederhana dan tidak akan membawa Anda lebih dari 30 menit! Dengan mesin mati, lepaskan rumah saringan udara Anda sehingga karburator dapat diakses. Kumpulkan kain Anda, bersama dengan pelumas semprotan Anda dan karburator dan pembersih tercekik. Temukan juga kontrol throttle yang melekat pada karbohidrat, yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan dan menjalankan mesin secara manual lebih cepat saat melakukan pembersihan. Tempatkan beberapa kain di sekitar pangkal karburator, karena bahan kimia dapat membahayakan permukaan yang dicat di sekitarnya, dan kain akan menghentikan limpasan apa pun. Kenakan kaca...

Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah Pada Kendaraan Anda

Perbedaan utama: Baterai Wet Cell mendahului sel kering. Perbedaan utama antara sel basah dan baterai sel kering adalah bahwa baterai sel basah menggunakan elektrolit cair, sedangkan sel kering menggunakan elektrolit pasta. Baterai adalah barang yang bermanfaat dan hari-hari ini juga diperlukan. Hampir semua perangkat berjalan langsung menggunakan listrik atau menggunakan baterai untuk menyimpan listrik, yang memungkinkan perangkat berfungsi sambil memungkinkan portabilitas, mis. Perangkat ini dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa terhubung ke catu daya. Ada banyak jenis baterai, dua kategori baterai yang paling umum adalah baterai sel basah dan baterai sel kering. Lihat Baterai AA Vs. Baterai AAA. Baterai Sel Basah, juga dikenal sebagai "baterai terendam," mendahului sel kering. Mereka terutama digunakan sebelum baterai sel kering menjadi efektif dan lebih populer. Sementara, baterai sel basah masih digunakan hari ini mereka kurang umum daripada baterai se...